Rabu, 25 Februari 2009

Mengembalikan Data Yang Hilang

MASALAH besar yang sering menimpa pengguna komputer ialah hilangnya data. Penyebab hilangnya data bisa bermacam-macam. Bisa karena kerusakan hard disk, terinfeksinya virus ataupun karen aterhapus secara tak sengaja. Berikut ini cara saya untuk mengembalikanya

Active@partitionRecovery. Spesifikasinya komputer minimal untuk menjalankan aplikasi ini sangat sederhana, yaitu prosesor 640 KB, disk-drive, monitor EGA resolusi 640X480, disket booting MS-DOS beserta aplikasi Activate@PartitionRecovery yang didalamnya, dan tentu saja hard disk yang akan diperbaiki. Peranti ini bekerja untuk partisi FAT dan NTFS. Actvate@Partitionrecovery bekerja dalam model DOS, dan beroperasi melalui disket. Jadi, buatlah disket booting MS-DOS dan salinan Activate@PartitionRecovery yang telah diunduh dari http://www.pertition-recivery.com/ pada disket tersebut. Setelah itu, boot komputer melalui disket tersebut
Selanjutnya, ikutilangkah-langkah berikut ini:

1. Ketikan "PR.EXE" pada DOS-prompt, hingga layar Activate@partitionrecovery muncul. Bagian kiri layar adalah daftar har disk pada komputer dan disebelah kanan informasi mengenai hard disk tersebut. Gunakan panah atas dan bawah untuk berpindah antara-item di bagian kiri. Jika pada hard disk yang akan diperbaiki terdapat tuliasan "PR.EXE -ignoreMBR=80h" sehingga muncullah tulisan"Unallocated".

2. Untuk mencari data yang hilang, gerakan kursor dan sorot pada kata "Unallocated", kemudian tekan [enter]. Activate@PartitionRecovery akan memindai hard disk Anda dan jika partisi ditemukan akan muncul laporan.
3. Tekan [Y]
4. Letakan kursor pada partisi yang baru ditemukan dan tekan [enter].
5. tekan [Esc] sehingga muncuk konfirmasi kemudian tekan [Y] untuk menyimpan data tersebut.
6. Jiak pada hard disk tidak terdapat partisi aktif, maka akan muncul pilihan untuk menjadi salah satu partisi aktif pilih salah satu dan tekan [entr].
7. Muncul pertanyaan untuk mem-back-up MBR, tekan [Y] jika ingin mem-back-up dan tekan [N] jika tidak.
8. recovery selesi dan tekan sembarang tombol untuk merestart.

0 komentar:

Posting Komentar

  ©Template modif by dieyaz.